Menjadi Habib III

Lebaran… ritual untuk mudik dan silaturahmi ke yang tua-tua. Pada suatu kesempatan saya mendapatkan cerita ini.

1. Ayahmu dulu sering hilang dari sekolah. Dan pulang ke rumah terlambat. Kalau ditanya kemana saja dia akan cerita bahwa dia diajak pergi “Laki-laki gagah dan rupawan (ganteng), diajak jalan-jalan, makan-makan, dan bersenang-senang”. Itulah sebabnya ayahmu dipindah sekolah sampai tiga kali.

2. Tetangga dulu kalau ada tukang roti lewat selalu memanggil dan aku diminta mengambil dahulu, mereka yang bayarin. Lalu baru mereka mengambil roti dari tempat aku ngambil dan membelinya. Tentu aku dapat gratis. Bahkan kadang tukang roti pagi-pagi datang ke rumah dan ngasih roti gratis. Tadinya aku tidak mengerti, setelah besar baru aku mengerti.

3. Ayahmu dulu suka makan rambutan. Sekali minta ke nenek, tidak ada yang bisa bilang tidak. Nenek tidak akan pernah bilang tidak pula. Padahal dalam ekonomi yang sulit itu, tetap saja ayahmu akan membeli bersih semua rambutan yang dijual. Tetap saja nenek membeli tuntas. Kemudian ayahmu akan memakan sebiji atau dua biji… lah sisanya… ayahmu bilang; ‘sudah bagi-bagikan ke tetangga semua’

4. Kakek dulu tidak mau dipanggil sayyid (tuan). Tapi diam saja kalau dipanggil habib (pecinta). Katanya kita ini bukan bangsa tuan-tuan, tapi kita ini bangsa pecinta dan perindu. Kita diturunkan ke dunia dengan segala jalannya adalah untuk merindu dan mencinta.

Kesimpulan:
1. Bertemanlah dengan malaikat, mereka senang berteman dengan kita [jagalah wudhu pakailah wangi-wangi]
2. Sebarkanlah berkah dengan sengaja atau tidak, kepada siapa saja. Jadi pribadi yang ‘mbarokahi’ dan senang bertabarukan
3. Kasihilah sesama dan berikanlah walau mungkin kita kekurangan
4. Kita ini sekedar pecinta dan perindu… kita tidak memiliki tempat di dunia ini, tempat kita adalah tempat asal kita dan tempat kembali kita.

Wallahul musta’an

Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s